Contact me: 0896-9135-9046

Sejarah STMIK Indonesia Banjarmasin

SEJARAH STMIK INDONESIA BANJARMASIN
    Dalam menghadapi era pembangunan nasional PJPT II yang menitik beratkan pada pengembangan sumber daya manusia, maka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Bina Ilmu (YPBI) turut serta mengembanggkan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan tinggi khususnya bidang teknologi informasi dan komputer.
    Pada era globalisasi informasi dewasa ini sangat dibutuhkan adanya tenaga yang professional dalam segala bidang. Namun perlu disadari bahwa tenaga professional sangat terbatas jumlahnya, misalnya tenaga dalam bidang komputer . STMIK Indonesia turut serta mencetak tenaga professional komputer sehingga dapat menjamin masa depan dan kesempatan kerja yang lebih cerah. Status STMIK Indonesia berdiri sejak tahun 1992 dengan status terdaftar pada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.206/DIKTI/kep/92 tanggal 1 Juni 1992 pada jurusan Manajemen Informatika yang pada waktu itu dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Banjarmasin. Dengan jenjang pendidikan Diploma III, maka lulusannya berhak menyandang gelar Tenaga Ahli Madya (A.Md). pada tahun 2002 dengan SK.BAN PT Depdiknas RI No. 002/BAN-PT/Ak-I/DPL-III/IV/2002 tanggal 4 April 2002, jurusan Manajemen Informatika telah terakreditasi C, kemudian tahun 2004 tepatnya tanggal 2 Juni 2004 status AMIK Banjarmasin ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi, melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 72/D/O/2004 tentang: Perubahan bentuk Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Banjarmasin menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia dan izin penyelenggaraan program studi baru yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Bina Ilmu Banjarmasin. Pada saat ini semua program studi yang ada di STMIK Indonesia telah terakreditasi:
  1. Program Studi Manajemen Informatika Terakreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor : 002/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/II/2007 pada tanggal 10 Pebruari 2007.
  2. Program Studi Komputer Akutansi Terakreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor:001/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/V/2008 pada tanggal 17 Mei 2008.
  3. Program Studi Sistem Informasi Terakreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor: 011/BAN-PT/Ak-XI/DpS1/VI/2008 pada tanggal 20 Juni 2008.
  4. Program Studi Teknik Informatika Terakreditasi berdasarkan SK BAN PT Nomor : 016/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008 pada tanggal 3 Agustus 2008.
  Pada struktur organisasinya STMIK dipimpin oleh seorang ketua yang membawahi langsung struktur organisasi, di bantu oleh tiga orang pembantu umum ketua (PUKET) dalam pelaksanaannya. Memiliki beberapa bagian kerja di dalam infrastrukturnya sebagai salah satu pelayanan terhadap warga intern STMIK. Terdapat pula Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk menampung aspirasi, ide, bakat serta kreatifitas mahasiswa, dimana semua UKM di bawahi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Selain itu banyak pula pengembangan terhadap hal yang dianggap penting dalam usaha meningkatkan pelayanan fasilitas dan pengajaran, salah satunya pengembangan mutu serta kualitas dosen bisa dilakukan oleh dari dalam institusi itu sendiri atau juga dapat dilakukan oleh dosen yang bersangkutan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Silahkan Berkomentar yang Sopan

Arsip by Labels

imk (1) info (1) ka (1) kampus (5) kuliah (1) mi (1) other (1) si (2) Situs (1) skripsi (1) ti (3)